Jumat, 02 Mei 2014

Klasifikasi Wacana Berdasarkan



Klasifikasi Wacana Berdasarkan
Makalah
oleh : Herlin Triana & Purwanti

Klasifikasi Wacana Berdasarkan
A.    Wacana fiksi
Wacana yang menyajikan objek dan menimbulkan daya khayal atau pengalaman melalui kesan-kesan imajinatif, bukan kenyataan.
 Wacana fiksi dibagi atas 3 bagian
1.      Wacana prosa (wacana yang disusun dalam bentuk bahasa bebas sehingga penggunaan bunyi kata dan irama kalimat lebih bebas.
2.      Wacana Puisi (disusun dalam bentuk bahasa terikat sehingga penggunaan bunyi kata dan irama kalimat sangat dipentingkan).
3.      Wacana Drama (disusun dalam bentuk dialog, yang menggunakan kalimat lansung).

B.     Wacana nonfiksi
Wacana yang menyampaikan subjek untuk menambahkan pengalaman lawan tutur, bersifat faktual, dan bentuk bahasanya lugas.Biasanya berupa artikel, makalah, skripsi, surat dan riwayat hidup.
C.    Iklan
Iklan merupakan bentuk wacana yang bahasanya mengandung informasi, ajakan baik suatu prodak, ataupun anjuran yang bermanfaat bagi pembaca ataupun penontonnya. Penggunaan bahasa pada iklan tidak terbatas, maksudnya bahasa pada iklan dapat berupa bahasa formal maupun informal ( bebas ) sesuai kebutuhan yang dapat menarik perhatian banyak orang untuk melihat iklan tersebut.





Wacana Berdasar Isi
1)      Wacana politik
Wacana ini merupakan wacana yang bersifat umum menyangkut isu-isu kenegaraan, organisasi, pemerintahan, globalisasi, dan berupa debat politik yang biasa terjadi dimana saja oleh masyarakat setiap harinya.
Contoh : “ Banyak anggota DPR tidak lagi menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, melainkan melakukan korupsi yang sebesar-besarnya “

2)      Wacana Sosial
Wacana sosial menyangkut segala aktifitas dan fenomena sehari-hari dalam berkomunikasi di dalam masyarakat.
Contoh : “Artis Nikita willy mengunjung panti di Jember untuk memberikan perhatiannya berupa sumbangan dan hiburan pada bulan februari kemaren”

3)      Wacana Ekonomi
Wacana ekonomi

4)      Wacana Budaya
Wacana Budaya

5)      Wacana Pendidikan
Wacana pendidikan bersifat keformalan mengenai ilmu pengetahuan.
Contoh :          -  “Salah satu siswa SMA 1 Solok mendapatkan penghargaan dari Newzealand school dalam program Exchange”
-          “Saat ini sudah banyak tersebar buku-buku latihan untuk menghadapi UAN, ini akan memudahkan siswa-siswi untuk melatih kemampuan sebelum menghadapi UAN”
6)      Wacana Olah Raga
Wacana Olah raga merupakan wacana yang berisikan seputar keolahragaan.
Contoh :          “Pertandingan bola antara Juventus dan Barca cukup sengit sehingga mendapatkan kedudukan yang sama 1-1, dan berkemungkinan akan ada pertandingan selanjutnya”
“Taufik Hidayat memenangkan pertandingan di Malaysia, dan mendapatkan satu emas, dan dua mendali”

7)      Wacana Hukum
Wacana Hukum adalah wacana yang berisikan tentang pelanggaran-pelangaran norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat.
Contoh : berupa kejahatan (pencurian, pembunuhan, penganiayaan, dll)










DAFTAR PUSTAKA
Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana. Bandung:YramaWidya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar